01819 2200229 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059020002200100082001100122084001700133100002800150245012300178250001200301260005400313300002700367520112000394600002301514990002601537990002601563INLIS00000000001035120221031044308 a0010-0122000085ta221031 g 0 ind  a978-979-420-323-1 a342.06 a342.06 PHI p0 aPhilipus M. Hadjon, dkk1 aPengantar hukum administrasi Indonesia :bintroduction to the Indonesian administrative law /cPhilipus M. Hadjon, dkk aCet. 13 aYogyakarta :bGadjah Mada University Press,c2019 axii, 381 hlm. ;c20 cm aObyek kajian hukum administrasi ada­lah pemerintahan (bestuur). Lingkungan kekuasaan pemerintahan adalah lingkung­an kekuasaan negara di luar kekuasaan legislatif dan yudikatif. Penyelenggaraan kekuasaan pemerintahan haruslah bertum­pu atas sendi-sendi negara hukum dan demokrasi. Dengan landasan negara hu­kum, penyelenggaraan kekuasaan Peme­rintahan hendaknya memberikan jaminan perlindungan hukum bagi masyarakat sebagai yang diperintah dan dengan landasan demokrasi, masyarakatpun ber­peranserta secara aktif dalam proses penyelenggaraan pemerintahan. Dengan konsep dasar tersebut dipa­parkan berbagai instrumen pemerintahan seperti: keputusan tata usaha negara (beschikking), rencana (het plan), pera­turan kebijaksanaan (beleidsregels), per­janjian kebijaksanaan (beleidsovereen­komst), tindakan nyata (feitelijk handel­ing), dan sanksi-sanksi dalam hukum administrasi. Perlindungan hukum bagi rakyat meru­pakan bagian mutlak hukum administrasi. Diawali dengan tinjauan umum tentang perlindungan hukum dalam bab 10, selanjutnya Peradilan Tata Usaha Negara dibahas secara khusus dalam bab 11. 4aHukum administrasi a26699/MKRI-P/XII-2021 a26699/MKRI-P/XII-2021