na INLIS000000000010733 20221125021247 0010-1122000075 ta 221125 g 0 ind 978-979-769-298-8 001.424 001.424 MAR m Nanang Martono Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder / Nanang Martono Cet. 2 Jakarta : Rajawali Pers, 978-979-769-298-8 xx, 270 hlm ; 24 cm Metode Penelitian Kuantitatif Melakukan penelitian tidak harus turun ke lapangan dengan mengunjungi lokasi penelitian tertentu. Penelitian lapangan, hampir selalu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi ketika kita menggunakan metode penelitian kuantitatif. Kita harus menggandakan kuesioner serta biaya akomodasi yang tidak sedikit, terlebih lagi bila responden sangat banyak. Banyak mahasiswa yang menganggap bahwa metode kuantitatif lebih sulit karena harus menggunakan statistik. Dengan menggunakan metode analisis isi (AI) atau analisis data sekunder (ADS), mahasiswa akan terbebas dari masalah waktu penelitian yang lama atau biaya penelitian yang relatif mahal. AI dan ADS adalah metode penelitian yang relatif lebih mudah karena tidak menggunakan “manusia” sebagai objek penelitiannya. AI dan ADS menggunakan objek dengan memanfaatkan sumber data yang sudah ada dan kita tinggal mengolah data tersebut. Kita dapat memanfaatkan majalah, koran, acara TV, buku-buku, syair lagu, cerita film sebagai objek penelitian. Objek-objek tersebut relatif mudah diperoleh, tidak ribet, berbeda dengan objek yang berbentuk manusia yang selalu berpindah tempat dan cepat berubah. Untuk itu, metode AI dan ADS dapat menjadi alternatif bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian. 21724/MKRI-P/XI-2011 21726/MKRI-P/XI-2011 21727/MKRI-P/XI-2011