02334 2200229 4500001002100000005001500021035002000036008004100056020001800097041000800115082001000123084001400133245015700147250001000304260004500314300003000359520161900389990002402008990002402032990002402056990002402080INLIS00000000000160520221024114814 a0010-0520001605221024 | | ind  a979-25-0730-x aind a323.6 a323.6 PEN aPENDIDIKAN NILAI MORAL DALAM DIMENSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN= MENYAMBUT 70 tahun PROF. Drs. H.A. KOSASIH DJAHIRI 06188 /cEditor by Dasim Budimansyah aCet.1 aJakarta :bPT. Rola Sinar Perkasa,c2006 a420 hlm .; 24 cm ;c24 cm aDalam perpektif internasional dapat dicermati bahwa ternyata perkembanganpendidikan kewarga negaraan (civil Education)tidak bisa di isolai dari kecenderungan globalisasi dan gerakan demokratisasi yang tampak semakin mendunia.Kecenderungan itu antara lain dapat disimak dari analisi Brason(1999:14)yang menyatakan bahwa"Globalization and its potential for advancing or inhibiting human rights and democracy is more than a subject for debate among academics.This powerful force is affeting the lives of individuals no matter wher in this earth they live".Pernyataan itu mengan dung makna bahwa gliobalisasi segala potensi yang memungkinkan perkembangan atau tertundanya proses demrokrasi dan pemajuan hak azasi manusia,lebih dari sekedar sebagai wacana akademik.Kekuatan yang lebih dasyat adalah bahwa globalisasi itu akan mempengaruhi kehidupan manusia dimanapun dia hidup.Oleh karenaitu,sebagaimana direkomendasikan dari studi"The impact of civil Education Program on Political Participation and Democratic Attitudes"(Sabatini,Bevis,dan Finkel:1998)bahwa "civil education programs should focus on themes that are immediately relevant to people daily lives".Dalam konteks globalisasi seperti itu,tak pelak lagi perlu dikembangkannya program pendidikan yang mampu mengakomondasikan semua kecernderungan dari proses globalisasi itu.Program pedidikan tersebut perlu diwujudkan dalam bentuk "...a curriculum geared to the development of"world citizens"who are capable of dealing with the crises"(parker,Ninomiya,dan Cogan: 1999),yakni kurikulum yang di arahkan pada pengembangan warga dunia yang mampu mengelola krisis. a06189/MKRI-P/V-2007 a06188/MKRI-P/V-2007 a06189/MKRI-P/V-2007 a06188/MKRI-P/V-2007