na INLIS000000000001605 20221024114814 0010-0520001605 221024 | | ind 979-25-0730-x ind 323.6 323.6 PEN PENDIDIKAN NILAI MORAL DALAM DIMENSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN= MENYAMBUT 70 tahun PROF. Drs. H.A. KOSASIH DJAHIRI 06188 / Editor by Dasim Budimansyah Cet.1 Jakarta : PT. Rola Sinar Perkasa, 2006 420 hlm .; 24 cm ; 24 cm Dalam perpektif internasional dapat dicermati bahwa ternyata perkembanganpendidikan kewarga negaraan (civil Education)tidak bisa di isolai dari kecenderungan globalisasi dan gerakan demokratisasi yang tampak semakin mendunia.Kecenderungan itu antara lain dapat disimak dari analisi Brason(1999:14)yang menyatakan bahwa"Globalization and its potential for advancing or inhibiting human rights and democracy is more than a subject for debate among academics.This powerful force is affeting the lives of individuals no matter wher in this earth they live".Pernyataan itu mengan dung makna bahwa gliobalisasi segala potensi yang memungkinkan perkembangan atau tertundanya proses demrokrasi dan pemajuan hak azasi manusia,lebih dari sekedar sebagai wacana akademik.Kekuatan yang lebih dasyat adalah bahwa globalisasi itu akan mempengaruhi kehidupan manusia dimanapun dia hidup.Oleh karenaitu,sebagaimana direkomendasikan dari studi"The impact of civil Education Program on Political Participation and Democratic Attitudes"(Sabatini,Bevis,dan Finkel:1998)bahwa "civil education programs should focus on themes that are immediately relevant to people daily lives".Dalam konteks globalisasi seperti itu,tak pelak lagi perlu dikembangkannya program pendidikan yang mampu mengakomondasikan semua kecernderungan dari proses globalisasi itu.Program pedidikan tersebut perlu diwujudkan dalam bentuk "...a curriculum geared to the development of"world citizens"who are capable of dealing with the crises"(parker,Ninomiya,dan Cogan: 1999),yakni kurikulum yang di arahkan pada pengembangan warga dunia yang mampu mengelola krisis. 06189/MKRI-P/V-2007 06188/MKRI-P/V-2007 06189/MKRI-P/V-2007 06188/MKRI-P/V-2007