01984 2200265 4500001002100000005001500021035002000036008004100056020001500097041000800112082001200120084001800132100001100150245009400161250001200255260002800267300003600295504001500331520121100346650005101557650003501608650002701643990002401670990002401694INLIS00000000000524120221024115346 a0010-0520005241221024 | | ind  a9794143294 aind a323.071 a323.071 TIL d0 aTilaar1 aDimensi-Dimensi Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Persekolahan Indonesia /cH.A.R. Tilaar aCet. 1. aBandung :bMIZAN,c2001 alxvi, 156 p. ; 21 cm. ;c21 cm. ap. 105-108 aRencana aksi Hak-hak asasi manusia Indonesia(1998-2003)turut menegaskan betapa penting dan strategisnya posisi pendidikan dalam mewujudkan hak-hak asasi manusia. Buku ini merupakan laporan hasil penelitian yang dipublikasikan bagi masyarakat umum, dalam rangka Rencana Aksi Hak-hak Asasi Manusia Indonesia. Tujuan umumnya, demi meningkatkan kesadaran, pengakuan, penghargaan, perlindungan dan pemajuan hak-hak asasi manusia dalam kehidupan nyata sehari-hari. Hasil dari analisis isi (content analysis), distudibanding dengan peraturan perundang-undangan, termasuk UUD dan Tap MPR serta konvensi Internasional mengenai hak-hak asasi manusia. Dikritisi sejauhmana dimensi-dimensi hak asasi manusia terakomodasi di dalam kurikulum pendidikan formal di Indonesia. Kesimpulan yang diambil, antara lain yakni tujuan pendidikan hak asasi manusia gagal dicapai selama masa rezim orde baru yang otoriter dan sentralisik. Disebabkan karena kurikulum tentang HAM tidak merujuk dokumen-dokumen bertaraf internasional yang relevan-- HAM sebagai ranah afektif diperlakukan sebagai ranah kognitif- kegagalan ikut disumbang oleh kenyataan hidup yang dialami, disaksikan dan didengar para peserta didik di dalam masyarakat. 4aHuman rights - Study and teaching - Indonesia. 4aCurriculum change - Indonesia. 4aEducation - Indonesia. a05459/MKRI-P/V-2008 a05459/MKRI-P/V-2008