na INLIS000000000005241 20221024115346 0010-0520005241 221024 | | ind 9794143294 ind 323.071 323.071 TIL d Tilaar Dimensi-Dimensi Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Persekolahan Indonesia / H.A.R. Tilaar Cet. 1. Bandung : MIZAN, 2001 lxvi, 156 p. ; 21 cm. ; 21 cm. p. 105-108 Rencana aksi Hak-hak asasi manusia Indonesia(1998-2003)turut menegaskan betapa penting dan strategisnya posisi pendidikan dalam mewujudkan hak-hak asasi manusia. Buku ini merupakan laporan hasil penelitian yang dipublikasikan bagi masyarakat umum, dalam rangka Rencana Aksi Hak-hak Asasi Manusia Indonesia. Tujuan umumnya, demi meningkatkan kesadaran, pengakuan, penghargaan, perlindungan dan pemajuan hak-hak asasi manusia dalam kehidupan nyata sehari-hari. Hasil dari analisis isi (content analysis), distudibanding dengan peraturan perundang-undangan, termasuk UUD dan Tap MPR serta konvensi Internasional mengenai hak-hak asasi manusia. Dikritisi sejauhmana dimensi-dimensi hak asasi manusia terakomodasi di dalam kurikulum pendidikan formal di Indonesia. Kesimpulan yang diambil, antara lain yakni tujuan pendidikan hak asasi manusia gagal dicapai selama masa rezim orde baru yang otoriter dan sentralisik. Disebabkan karena kurikulum tentang HAM tidak merujuk dokumen-dokumen bertaraf internasional yang relevan-- HAM sebagai ranah afektif diperlakukan sebagai ranah kognitif- kegagalan ikut disumbang oleh kenyataan hidup yang dialami, disaksikan dan didengar para peserta didik di dalam masyarakat. Human rights - Study and teaching - Indonesia. Curriculum change - Indonesia. Education - Indonesia. 05459/MKRI-P/V-2008 05459/MKRI-P/V-2008