01936 2200361 4500001002100000005001500021035002000036008004100056020001800097041000800115082001200123084001800135100001900153245016600172260004500338300002800383504001400411520080000425650002501225650002401250990002501274990002501299990002501324990002501349990002501374990002501399990002501424990002501449990002501474990002501499990002501524990002501549INLIS00000000000707120221109022947 a0010-0520007071221109 | | ind  a979-22-2726-1 aind a351.158 a351.158 MIS r0 aMisbah Hidayat1 aReformasi Administrasi :bKajian Komparatif Pemerintahan Tiga Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri. /cL. Misbah Hidayat aJakarta :bGramedia Pustaka Utama,c2007 axvi, 141 hlm. ;c23 cm. ap.131-141 a"Birokrasi adalah alat pemerintah untuk melaksanakan kebijakan dan programnya. Keluhan masyarakat biasanya terjadi karena ada kesenjangan antara kebijakan yang muluk-muluk dan kinerja birokrasi yang tidak efisien, tidak efektif, dan tidak transparan. Lebih runyam lagi, birokrasi Indonesia termasuk yang paling korup di dunia dan alih-alih mengabdi pada kepentingan masyarakat, muncul kesan kuat bahwa dia lebih mengabdi dirinya sendiri, boros, dan lemah akuntabilitasnya. Karena itu, cita-cita reformasi akan kandas bila tidak ada gerakan ke arah reformasi administrasi publik. Terlaksananya agenda reformasi administrasi ini pada gilirannya merupakan ""batu uji"" bagi kualitas kemampuan manajerial maupun kepemimpinan Presiden selaku kepala pemerintahan, berserta para birokrat pembantunya. " 4aBirokrasi--Indonesia 4aAdministrasi Negara a13562/MKRI-P/XI-2009 a13563/MKRI-P/XI-2009 a13564/MKRI-P/XI-2009 a13564/MKRI-P/XI-2009 a13562/MKRI-P/XI-2009 a13563/MKRI-P/XI-2009 a13563/MKRI-P/XI-2009 a13562/MKRI-P/XI-2009 a13564/MKRI-P/XI-2009 a13562/MKRI-P/XI-2009 a13563/MKRI-P/XI-2009 a13564/MKRI-P/XI-2009