Cite This        Tampung        Export Record
Judul Dimensi-Dimensi Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Persekolahan Indonesia / H.A.R. Tilaar
Pengarang Tilaar
EDISI Cet. 1.
Penerbitan Bandung : MIZAN, 2001
Deskripsi Fisik lxvi, 156 p. ; 21 cm. ;21 cm.
ISBN 9794143294
Subjek Human rights - Study and teaching - Indonesia.
Curriculum change - Indonesia.
Education - Indonesia.
Abstrak Rencana aksi Hak-hak asasi manusia Indonesia(1998-2003)turut menegaskan betapa penting dan strategisnya posisi pendidikan dalam mewujudkan hak-hak asasi manusia. Buku ini merupakan laporan hasil penelitian yang dipublikasikan bagi masyarakat umum, dalam rangka Rencana Aksi Hak-hak Asasi Manusia Indonesia. Tujuan umumnya, demi meningkatkan kesadaran, pengakuan, penghargaan, perlindungan dan pemajuan hak-hak asasi manusia dalam kehidupan nyata sehari-hari. Hasil dari analisis isi (content analysis), distudibanding dengan peraturan perundang-undangan, termasuk UUD dan Tap MPR serta konvensi Internasional mengenai hak-hak asasi manusia. Dikritisi sejauhmana dimensi-dimensi hak asasi manusia terakomodasi di dalam kurikulum pendidikan formal di Indonesia. Kesimpulan yang diambil, antara lain yakni tujuan pendidikan hak asasi manusia gagal dicapai selama masa rezim orde baru yang otoriter dan sentralisik. Disebabkan karena kurikulum tentang HAM tidak merujuk dokumen-dokumen bertaraf internasional yang relevan-- HAM sebagai ranah afektif diperlakukan sebagai ranah kognitif- kegagalan ikut disumbang oleh kenyataan hidup yang dialami, disaksikan dan didengar para peserta didik di dalam masyarakat.
Catatan p. 105-108
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
00000005459 323.071 TIL d Dapat dipinjam Perpustakaan Lantai 3 - Mahkamah Konstitusi RI Tersedia
pesan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000005241
005 20221024115346
008 221024################|##########|#ind##
020 # # $a 9794143294
035 # # $a 0010-0520005241
041 $a ind
082 # # $a 323.071
084 # # $a 323.071 TIL d
100 0 # $a Tilaar
245 1 # $a Dimensi-Dimensi Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Persekolahan Indonesia /$c H.A.R. Tilaar
250 # # $a Cet. 1.
260 # # $a Bandung :$b MIZAN,$c 2001
300 # # $a lxvi, 156 p. ; 21 cm. ; $c 21 cm.
504 # # $a p. 105-108
520 # # $a Rencana aksi Hak-hak asasi manusia Indonesia(1998-2003)turut menegaskan betapa penting dan strategisnya posisi pendidikan dalam mewujudkan hak-hak asasi manusia. Buku ini merupakan laporan hasil penelitian yang dipublikasikan bagi masyarakat umum, dalam rangka Rencana Aksi Hak-hak Asasi Manusia Indonesia. Tujuan umumnya, demi meningkatkan kesadaran, pengakuan, penghargaan, perlindungan dan pemajuan hak-hak asasi manusia dalam kehidupan nyata sehari-hari. Hasil dari analisis isi (content analysis), distudibanding dengan peraturan perundang-undangan, termasuk UUD dan Tap MPR serta konvensi Internasional mengenai hak-hak asasi manusia. Dikritisi sejauhmana dimensi-dimensi hak asasi manusia terakomodasi di dalam kurikulum pendidikan formal di Indonesia. Kesimpulan yang diambil, antara lain yakni tujuan pendidikan hak asasi manusia gagal dicapai selama masa rezim orde baru yang otoriter dan sentralisik. Disebabkan karena kurikulum tentang HAM tidak merujuk dokumen-dokumen bertaraf internasional yang relevan-- HAM sebagai ranah afektif diperlakukan sebagai ranah kognitif- kegagalan ikut disumbang oleh kenyataan hidup yang dialami, disaksikan dan didengar para peserta didik di dalam masyarakat.
650 4 $a Curriculum change - Indonesia.
650 4 $a Education - Indonesia.
650 4 $a Human rights - Study and teaching - Indonesia.
990 # # $a 05459/MKRI-P/V-2008
990 # # $a 05459/MKRI-P/V-2008
Content Unduh katalog