Cite This        Tampung        Export Record
Judul Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder / Nanang Martono
Pengarang Nanang Martono
EDISI Cet. 2
Penerbitan Jakarta : Rajawali Pers, 978-979-769-298-8
Deskripsi Fisik xx, 270 hlm ;24 cm
ISBN 978-979-769-298-8
Subjek Metode Penelitian
Kuantitatif
Abstrak Melakukan penelitian tidak harus turun ke lapangan dengan mengunjungi lokasi penelitian tertentu. Penelitian lapangan, hampir selalu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi ketika kita menggunakan metode penelitian kuantitatif. Kita harus menggandakan kuesioner serta biaya akomodasi yang tidak sedikit, terlebih lagi bila responden sangat banyak. Banyak mahasiswa yang menganggap bahwa metode kuantitatif lebih sulit karena harus menggunakan statistik. Dengan menggunakan metode analisis isi (AI) atau analisis data sekunder (ADS), mahasiswa akan terbebas dari masalah waktu penelitian yang lama atau biaya penelitian yang relatif mahal. AI dan ADS adalah metode penelitian yang relatif lebih mudah karena tidak menggunakan “manusia” sebagai objek penelitiannya. AI dan ADS menggunakan objek dengan memanfaatkan sumber data yang sudah ada dan kita tinggal mengolah data tersebut. Kita dapat memanfaatkan majalah, koran, acara TV, buku-buku, syair lagu, cerita film sebagai objek penelitian. Objek-objek tersebut relatif mudah diperoleh, tidak ribet, berbeda dengan objek yang berbentuk manusia yang selalu berpindah tempat dan cepat berubah. Untuk itu, metode AI dan ADS dapat menjadi alternatif bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian.
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi atau tidak didefinisikan
Target Pembaca Umum

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
00000021724 001.424 MAR m Dapat dipinjam Perpustakaan Lantai 3 - Mahkamah Konstitusi RI Tersedia
pesan
00000021726 001.424 MAR m Dapat dipinjam Perpustakaan Lantai 3 - Mahkamah Konstitusi RI Tersedia
pesan
00000021727 001.424 MAR m Dapat dipinjam Perpustakaan Lantai 3 - Mahkamah Konstitusi RI Tersedia
pesan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000010733
005 20221125021247
007 ta
008 221125################g##########0#ind##
020 # # $a 978-979-769-298-8
035 # # $a 0010-1122000075
082 # # $a 001.424
084 # # $a 001.424 MAR m
100 0 # $a Nanang Martono
245 1 # $a Metode Penelitian Kuantitatif : $b Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder /$c Nanang Martono
250 # # $a Cet. 2
260 # # $a Jakarta :$b Rajawali Pers,$c 978-979-769-298-8
300 # # $a xx, 270 hlm ; $c 24 cm
520 # # $a Melakukan penelitian tidak harus turun ke lapangan dengan mengunjungi lokasi penelitian tertentu. Penelitian lapangan, hampir selalu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi ketika kita menggunakan metode penelitian kuantitatif. Kita harus menggandakan kuesioner serta biaya akomodasi yang tidak sedikit, terlebih lagi bila responden sangat banyak. Banyak mahasiswa yang menganggap bahwa metode kuantitatif lebih sulit karena harus menggunakan statistik. Dengan menggunakan metode analisis isi (AI) atau analisis data sekunder (ADS), mahasiswa akan terbebas dari masalah waktu penelitian yang lama atau biaya penelitian yang relatif mahal. AI dan ADS adalah metode penelitian yang relatif lebih mudah karena tidak menggunakan “manusia” sebagai objek penelitiannya. AI dan ADS menggunakan objek dengan memanfaatkan sumber data yang sudah ada dan kita tinggal mengolah data tersebut. Kita dapat memanfaatkan majalah, koran, acara TV, buku-buku, syair lagu, cerita film sebagai objek penelitian. Objek-objek tersebut relatif mudah diperoleh, tidak ribet, berbeda dengan objek yang berbentuk manusia yang selalu berpindah tempat dan cepat berubah. Untuk itu, metode AI dan ADS dapat menjadi alternatif bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian.
650 # 4 $a Kuantitatif
650 # 4 $a Metode Penelitian
990 # # $a 21724/MKRI-P/XI-2011
990 # # $a 21726/MKRI-P/XI-2011
990 # # $a 21727/MKRI-P/XI-2011
Content Unduh katalog